“To live a creative life we must lose our fear of being wrong. Thank you for visit "Catatan Ain". I hope you can find what you want. -Ain-

Senin, 08 Juli 2013

Mbah kung

   Mbah kung itu sebutan untuk kakek dalam bahasa jawa. Mbah itu sebutan untuk orang yang sudah tua, dan kung dari kata kakung artinya laki-laki. Mbah kungku ada di Blitar, itu satu-satunya kakek yang masih ada dari orang tuaku. Mbah kung aku termasuk awet sekarang umurnya 80 taunan tapi ubannya masih sedikit. Tapi jalannya udah pelan-pelan make sandal aja kudu ngitungin jari kaki dulu katanya, dan akhirnya malah mutusin make slop tiap dirumah.
    Gatau kenapa belakangan ini tuh ngerasa kangeeeeeeeen banget sm Mbah kung. Tiap taunnya aku mudik sama keluarga ke Blitar buat nemuin sodara-sodara disana, termasuk Mbah kung. Ada cerita tentang Mbah kung yang bikin aku kangen. Waktu itu Mbah kung sempat nelpon dan bilang "Aku kangen cah ayu, kangen di tukokne bakso." kalo di translate bahasa Indonesia artinya kurang lebih "Aku kangen anak cantik, kangen di beliin bakso". Iya taun lalu waktu mudik, aku sering banget ngebeliin Mbah kung bakso. Bakso yang gedenya lebih dari bola tennis dan harganya miring banget cuma 5ribu. Kalau di Bandung itu mungkin udah 10ribuan. Udah gitu baksonya enak banget. Beli baksonya pasti di bawa pulang dan makan bareng-bareng sama Mbah kung sambil cerita tentang masa mudanya. Simple sih, tapi itu semua bener-bener bikin kangen dan pengen buru-buru pulang ke Blitar.
   Kadang kalau lagi mikirin Mbah kung suka kasian. Soalnya walaupun disana Mbah kung tinggal bareng-bareng sama Om tapi Mbah kung suka sendirian di rumah. Karena Om yang super sibuk. Pengen banget ngajakin Mbah kung buat kesini tapi keadaannya ga mungkin buat Mbah kung pergi jauh. Mbah kung itu lucu tapi sayang tiap ngomong aku suka ga ngerti, karena ngomongnya udah ga jelas dan itu make bahasa Jawa. Mbah kung punya teori. Teorinya tuh tiap badan ngerasa ga enak karena mau sakit, Mbah kung malah makan sebanyak-banyaknya. Dan bener aja setelah makan di pake tidur malah sembuh. Teori itu selalu di pake Papah makanya Papah jarang banget sakit.
   Selain Mbah kung, aku kangen banyaaaaaaaaaak banget yang ada di Blitar. Aku kangen sate kambing yang ada di deket pasar, aku kangen bakso yang suka aku beli buat Mbah kung, aku kangen suasana sawah karena rumah Mbah kung disana di depan sawah, aku kangen tiap bangun pagi ada asap yang keluar dari mulutku kalau lagi ngomong, aku kangen pilek tiap pagi karena disana dingiiiiiiiiiin banget, aku kangen main ke Alun-alun, Aku kangen es pleret, aku kangen soto yang tiap aku makan selalu nambah, aku kangen naik becak sama Abay sampe abay ketiduran, aku kangen suara orang ngebangunin sahur dengan dangdut keliling dan volumenya guedeee banget, aku kangen malam  takbiran tiap malam selalu ada ada pawai takbir lewat depan rumah, aku kangen solat Ied di masjid deket pasar, aku kangen liat balon yang diterbangin tiap selesai solat Ied, aku kangen sungkeman setelah solat Ied, aku kangen makan nasi kuning setelah sungkeman dan aku paling kangen sama keluarga-keluarga aku di Blitar. Tapi aku ga pernah kangen sama suara petasan yang selalu ada tiap malam aku dengar.
   Aku kangen suasana Blitar. Tiga minggu lagi aku bakalan mudik dan ketemu keluarga. Bener-bener ga sabar. Tiga minggu dari sekarang...


Ain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://dc100.4shared.com/img/1630434100/a97efa14/dlink__2Fdownload_2Fi1MqBrH-_3Ftsid_3D20130313-35301-2f246ef0/preview.mp3